17 Alasan Berkunjung Ke Solo

Solo merupakan kota kecil dengan beraneka ragam keunikan yang membuat kota ini memiliki alasan untuk dikunjungi dan masuk daftar list tujuan wisata anda. Disini saya akan menjelaskan 20 hal yang membuat Kota Solo harus dikunjungi.
1. Keraton Kasunanan Surakarta

 Keraton Kasunanan Surakarta terletak di pusat kota Solo yaitu di kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Keraton Kasunanan  
2. Keraton Mangkunegaraan
3. Museum Radya Pustaka

Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV. Museum Radya Pustaka memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit dan buku-buku kuno alias jadul. Koleksi buku kuno yang banyak dicari itu di antaranya mengenai Wulang Reh yang isinya antara lain mengenai petunjuk pemerintahan dan Serat Rama.
Museum ini pernah mengalami kasus hilangnya sejumlah koleksi museum, antara lain lima arca batu buatan abad ke-4 dan 9 yang dijual kepada pihak lain dengan harga Rp 80 juta-Rp 270 juta per arca. Penyelidikan menunjukkan bahwa koleksi museum yang hilang diganti dengan barang palsu (kompas, 20 November 2007).
Museum ini cocok dikunjungi bagi ingin yang melihat benda-benda peninggalan kuno dan arsip-arsip kuno.
4. Kawasan Alun-Alun Kidul
5. Kampung Batik Laweyan
6. Kampung Batik Kauman
7. Taman Sriwedari
8. Taman Satwa Jurug
9. Pasar Klewer
10. Pasar Gede
11. Pasar Triwindu
 Pasar Triwindu Tampak Depan
Sumber Foto:  Widi Asmoro, 2011
Pasar Triwindu adalah sebuah pasar tradisional menjual barang antik yang letaknya di depan Mangkunegaran. Bentuk Pasar ini mempunyai tampilan baru yang fresh, modern dan berbudaya. Koleksi barang antik yang di jual di Pasar Triwindu sangat beragam mulai dari koin, radio, keris, lampu, dll. Selain itu, di pasar yang pernah berganti nama menjadi Pasar Windujenar, juga menyediakan suvenir yaitu wayang kulit, permainan anak , patung kayu maupun perunggu, dan berbagai lampu hias yang merupakan produk reproduksi dari benda-benda antik/ kuno. Pasar ini ramai dikunjungi baik wisatawan asing maupun domestik, bagi yang ingin mencari benda-benda antik baik untuk koleksi maupun untuk hiasan ataupun yang sekedar ingin melihat-lihat bisa berkunjung disini.
12. Pasar Notoharjo
13. Pasar Depok
14. Taman Balekambang
15. Ngarsopuro Nightmarket
16. Galabo
17. Solo Car Free Day











Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Desain Studio Musik Recording Konsep Moderen

Bandara Adisumarmo Di Solo Berbentuk Gunungan